Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknik mind mapping terhadap kemampuan berbicara. Data dikumpulkan dari jurnal, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka atau analisis isi. Temuan dari jurnal mengungkapkan bahwa peningkatan yang signifikan pada keterampilan berbicara terjadi setelah metode mind mapping diterapkan. Pemetaan pikiran mengubah daftar panjang informasi atau konsep yang monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir yang bekerja sesuai dengan cara alami otak peserta didik dalam melakukan sesuatu, sehingga memudahkan peserta didik untuk menyampaikan informasi atau konsep. Pemetaan pikiran memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Semua jurnal yang dijadikan sumber data menyatakan bahwa peran mind mapping sangat krusial dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.
JIPI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
Bagikan — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
Di bawah ketentuan berikut:
Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan link ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan persyaratan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan lisensi.
Jurnal ilmiah Pendidikan Indonesia is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research.